Hasil UNBK SMA & SMK Telah Selesai, Berikut ini Hasilnya dan Jadwal UN Perbaikannya

Sahabat GuruIndonesia.ID yang budiman, Sudah tahu belum kalau Kemendikbud telah menyerahkan hasil Ujian Nasional untuk SMK, SMA, MA, dan Program Kesetaraan Paket C kepada pemerintah daerah pada 3 Mei 2019. Rata-rata nilai UN untuk semua jenjang dan mata pelajaran mengalami peningkatan.

Kepala Balitbang Kemendikbud, Totok Suprayitno, dalam taklimat media tentang hasil UN 2019, di Jakarta (7/5) mengapresiasi kenaikan nilai UN, yang meskipun sedikit, namun menunjukkan nilai murni karena hampir 100 persen penyelenggaraannya berbasis komputer.

Berikut ini Trend Hasil UN SMK dalam Rentang Waktu 3 Tahun

Dan Trend Hasil UN SMA dalam waktu 3 Tahun

Sahabat GI, hasil UN selanjutnya akan dianalisis, didiagnosa topik2 setiap mapel UN yang harus diperbaiki di setiap sekolah. Hasil analisis tersebut akan didistribusikan ke semua dinas pendidikan untuk ditindaklanjuti dengan program2 peningkatan mutu pembelajaran.

Baca Juga  : Dibuka, Pendaftaran Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI Gelombang ke-4 Tahun 2019

UN perbaikan bagi peserta UN jenjang pendidikan menengah/sederajat akan dilaksanakan pada Juli 2019. UN Perbaikan diharapkan dapat memfasilitasi siswa yg memerlukan perbaikan hasil UN, misal untuk memenuhi persyaratan melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.

Ujian Nasional 2019 diikuti 8,3 juta peserta didik dari 103 ribu satuan pendidikan. Jumlah peserta UNBK meningkat 19 persen dari jumlah peserta UNBK tahun 2018.